Tahun Ini Dinkes Targetkan Seluruh Puskesmas di Kota Bandung Terakreditasi

BANDUNG.– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung saat ini tengah fokus pada program akreditasi seluruh Puskesmas yang ada di Kota Bandung untuk mendapatkan akreditasi dari Kementerian kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita mengatakan dari 30 Puskesmas saat ini baru ada tiga Puskesmas di Kota Bandung yang sudah mendapatkan akreditasi. Yakni Puskesmas Ibrahim Adji, Puskesmas Sukarasa dan Puskesmas Padasuka.

“Kita baru ada tiga Puskesmas yang terakreditasi. Makanya tahun ini kita fokus agar seluruh Puskesmas dapat terakreditasi,” kata Rita saat diwawancara di ruang kerjanya, Kamis (24/08/2017).

Rita menuturkan 27 Puskesmas yang belum terakreditasi akan dibagi menjadi tiga termin penilaian akreditasi, yakni pada bulan Agustus, September dan bulan Oktober 2017.

“Bulan ini (Agustus) kita target 4 Puskesmas. September 11 Puskesmas bulan Oktober 12 Puskesmas,” tuturnya.

Ia mengungkapkan keempat Puskesmas yang ditargetkan selesai akreditasi bulan Agustus ini adalah Puskesmas Sukajadi, Pasirkaliki, Garuda dan Puskesmas Ciumbuleui.

Ia menambahkan, penilaian akreditasi tersebut dilakukan langsung oleh Tim Surveyor dari kementerian pusat dengan melakukan penilaian seluruh komponen yang ada di Puskesmas. Baik pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM), dokumen, maupun tata letak Puskesmasnya sendiri.

“Yang dinilainya keseluruhan tata graha letak atau tata letak lalu dokumen-dokumen, SDN dan semuanya yang menyangkut ke Puskesmasan dan pelayanan. Yang pastinya tahun ini kita ingin 30 UPTD Puskesmas terakreditasi,” jelasnya.

Akreditasi tersebut menurut Rita dilakukan agar semua hal menyangkut kesehatan di Kota Bandung memiliki kualitas yang baik dari berbagai sisi. (HER)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY