Bawaslu Gandeng Pramuka Mengawasi Pilkada di Jabar

Bandung.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar menggandeng anggota Pramuka untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jabar sebagai upaya mewujudkan demokrasi yang adil dan jujur.

“Seluruh bakti yang telah ditunjukkan akan membawa hasil yang lebih baik, menegakkan demokrasi, dan menghasilkan pemilu yang jujur dan adil,” kata Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto saat acara pembukaan kegiatan Perkemahan Bhakti Adhiyasta Pemilu 2017 di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu.

Ia menuturkan, Provinsi Jabar akan menggelar pemilihan wali kota/wakil wali kota, bupati/wakil bupati di 16 daerah dan pemilihan gubernur/wakil gubernur pada 2018.

Bawaslu, lanjut dia, telah melakukan persiapan untuk mensukseskan pilkada serentak tersebut, salah satunya memberikan pendidikan politik sejak dini dan mengajak sama-sama mengawasi pilkada kepada anggota pramuka.

Mereka anggota Pramuka yang terlibat dalam mengawasi pesta demokrasi itu, kata Hermanus, diberi nama Saka Adhyasta Pemilu yang terbentuk dalam kelompok kerja (Pokja) di 27 kabupaten/kota di Jabar.

“Kita canangkan Saka Adhyasta Pemilu yang dimulai dengan pokja di Jabar, insya Allah akan bergerak ke seluruh Indonesia,” katanya.

Ia menyampaikan, Saka Adhyasta mulai dirintis di Jabar, dan diharapkan bisa diikuti oleh provinsi dan kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

Mereka yang menjadi anggota Saka Adhyasta Pemilu, kata dia, tidak hanya berperan dalam pelaksanaan pilkada serentak di 16 kabupaten/kota dan Pilgub Jabar 2018, tetapi hingga Pemilihan Presiden 2019 nanti.

“Peran mereka juga akan dioptimalkan hingga Pilpres 2019 nanti dan pesta-pesta demokrasi lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, seluruh anggota Pramuka itu akan diberi bimbingan teknis dalam melaksanakan pengawasan pemilu tingkat kota/kabupaten, provinsi, maupun presiden.

Ia berharap, peran Pramuka dalam pengawasan dapat tercipta pesta demokrasi yang adil dan jujur hingga akhirnya melahirkan pemimpin sesuai harapan masyarakat Jabar.

“Kami meyakini dengan melibatkan anggota Pramuka dalam pengawasan partisipatif dapat tercipta pesta demokrasi yang adil dan jujur,” katanya.

Sumber: antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY