Inilah Program Dedi Mulyadi Untuk Para Lansia Agar Mendapatkan Hidup Lebih Baik

PURWAKARTA |  Kehidupan warga lanjut usia (Lansia) di Indonesia masih ada yang hidup jauh dari kata sejahtera. Itu terlihat belum terpenuhinya hak dasar seperti sandang, pangan dan papan kadang terabaikan.

Namun hal tersebut tidak terjadi di Purwakarta, pasalnya Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sepertinya peka dan jeli melihat masalah tersebut.

Diketahui sejak 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mencanangkan program Ibu Asuh.

“Tidak semua lansia dan jompo diurus oleh anak-anak mereka. Mirisnya, kadang para jompo dan lansia dibiarkan saja tanpa ada yang mau memperhatikan. Tapi di Purwakarta kita tidak mau ada lansia seperti itu, makanya kita buat program Ibu Asuh,” ungkap Dedi di Purwakarta, Senin (18/9/2017).

Dedi menjelaskan dalam program yang khusus membantu para lansia tersebut, Dedi mengintruksikan kepada para pegawai Pemkab Purwakarta untuk memiliki satu atau dua orang tua asuh.

Setiap bulannya para lansia mendapatkan uang tunai Rp. 250.000 – Rp. 500.000 per bulan. Sedangkan Dedi sendiri memiliki lebih dari 50 ibu asuh.

“Disesuaikan dengan kemampuan pegawai, ada yang Rp 250 ribu bahkan yang Rp 500 ribu. Yang penting kebutuhan para lansia terpenuhi,” jelasnya.

Selain program Ibu Asuh, para lansia di Purwakarta kini bisa merasakan beras premium lewat program ATM beras yang diberi nama Bank Perelek.

“Kita tidak mau ada lansia yang terlantar. Jika ketemu lansia terlantar, minimal kebutuhan dasarnya kita bantu kebutuhan. Jika rumahnya tak layak huni, mari kita gotong-royong bantu renovasi,” ajak Dedi.

Salah satu lansia yang merasakan langsung dampak program Ibu Asuh dan Bank Perelek yaitu Mak Encin (82) mengucapkan terima kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Lansia asal Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta tersebut mengaku sangat terbantu dengan program Dedi Mulyadi dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Alhamdullilah program Kang Dedi (Dedi Mulyadi) sangat membantu kami para lansia mendapatkan hidup yang lebih baik. Terima kasih Kang Dedi,” ucapnya. (Zal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY