BandungRaya

KOTA KEMBANG

HUT KE-68, SATPOL PP RAYAKAN DENGAN AKSI SOSIAL

BANDUNG (BR).-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung tengah merayakan hari jadinya yang ke-68. Berbeda dengan peringatan ulang tahun sebelumnya, Satpol PP akan merayakan dengan berbagai kegiatan sosial.

Sekretaris Satpol PP Kota Bandung Tantan Surya Santana mengungkapkan, pihaknya telah melakukan aksi sosial donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Bandung di Hotel Horizon. Donor darah dilakukan sebagai bentuk bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Karena kita tahu bahwa stok darah di PMI Kota Bandung itu tidak hanya untuk warga Kota Bandung. Kalau ada orang Ciamis yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin juga membutuhkan. Pasti juga ditolong dari stok darah PMI Bandung,” ungkap Tantan pada Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (24/4/2018).

Selain itu, pihaknya juga telah mengerahkan 400 anggotanya untuk gerakan kebersihan di sekitar Alun-alun Kota Bandung, mulai dari membersihkan sampah di area rumput sintetis hingga di jembatan penyeberangan.

“Kami juga melakukan pengecatan pada area-area yang terdapat aksi vandalisme. Hanya vandalisme yang merusak fasilitas umum. Kalau mural kita tidak ganggu karena itu sudah terkonsep,” terangnya.

Puncaknya, Satpol PP akan menggelar gerak jalan santai pada Rabu, 25 April 2018 besok. Jalan santai ini diperkirakan diikuti sekitar 700 peserta.

Tantan menjelaskan, rute yang akan dilalui merupakan jalur pusat kota tetapi tidak akan ada penutupan jalan dalam acara ini. Rute jalan santai dalam rangka HUT Satpol PP akan dimulai dari Plaza Balai Kota Bandung menuju Jalan Babakan Ciamis, Jalan Nangkasuni, Jalan Linggawastu, Jalan Tamansari, Jalan Sawunggaling, Jalan Purnawarman, Jalan Merdeka, dan berakhir di Plaza Balai Kota.

Sepanjang perjalanan, para peserta jalan santai kembali akan melakukan aksi sosial dengan memberikan bantuan kepada keluarga-keluarga miskin yang terlewati oleh jalur jalan santai.

Untuk kegiatan ini, Tantan mengaku telah berkoordinasi dengan tiga kelurahan untuk memperoleh data penerima bantuan.

“Kami sudah meminta datanya yang akan diberi bantuan, kita juga sambil GPS (Gerakan Pungut Sampah),” imbuh Tantan.

Selain melakukan aksi sosial yang disebut dengan Bhakti Praja, Satpol PP Kota Bandung juga akan melaksanakan aksi Praja Wibawa, yakni penertiban di berbagai titik. Hal ini dilakukan terutama untuk mengantisipasi pelanggaran menjelang bulan Ramadan.

“Kita akan antisipasi, biasanya menjelang puasa PKL menjamur lagi,” terangnya.

Penertiban ini dilakukan bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya, seperti Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), kepolisian, dan TNI. Satpol PP juga melibatkan bantuan dari tim kewilayahan. (HERI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top