KOTA KEMBANG

Rayakan Hari Jadi, Satpol PP dan Satlinmas Bagikan Sembako

BANDUNG (BR).-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung merayakan ulang tahunnya ke-68 dan bersamaan dengan HUT ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Balai Kota Bandung, Rabu (25/4/2018).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini perayaan ulang tahun satpol PP diisi dengan kegiatan sosial, seperti donor darah dan memberi bantuan kepada keluarga keluarga kurang mampu yang terlewati saat jalan santai.

Diawali apel pagi yang dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin, lanjut dimeriahkan dengan kegiatan Gerak Jalan Santai.

Rute sekitar 5 kilometer itu meliputi Jalan Babakan Ciamis, Nangkasuni, Jalan Linggawastu, Jalan Tamansari, Jalan Sawunggaling, Jalan Purnawarman, Jalan Merdeka dan finish di Plaza Balai Kota Bandung.

Di sela-sela jalan santai, tepatnya di kantor RW 03 Kelurahan Bababakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Pjs Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung, Dadang Iriana beserta Camat Sumur Bandung, Sri Mayaningsih memberikan bantuan sembako langsung kepada warga kurang mampu.

Dalam kesempatannya Solihin menyampaikan, perayaan ulang tahun kali ini lebih baik dengan kegiatan sosial yang digagas oleh satpol PP memberikan manfaat kepada masyarakat. Sehingga kegiatan tidak hanya dirasakan oleh satpol PP saja, tetapi dirasakan juga manfaatnya oleh masyarakat.

Di samping itu, perayaan ulang tahun kali ini bertepatan dengan tahun politik. Di tahun ini, terdapat agenda besar nasional yang akan digelar, yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif.

Menurutnya, peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal agenda nasional tersebut.

“Kesiagaan harus lebih ditingkatkan, maka dari itu satpol dan satlinmas harus mampu mengawal agena besar tersebut, berikan ketertiban dan kenyamanan bagi masyarakat,” pinta Solihin.

Ditambahkan Solihin, menghadapi Pilkada pun ASN Kota Bandung sudah melakukan deklarasi dan penandatangan Pakta Integritas.

“ASN di Kota Bandung tidak boleh ikut serta dalam hal pilkada, yang pasti harus netral. Cukup memilih saja ketika pemilihan berlangsung,” tegasnya.

Menurut Solihin, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.

Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Solihin meminta, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

“Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, saat berlangsung maupun sesudah pelaksanaan,” ujarnya. (HERI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI

To Top