REHAT

Lima Tahap Tidur Berkualitas

Bandungraya.net | Pernah merasa tidur cukup tapi terbangun dengan kepala pening? Rasa tidak nyaman ini kerap dirasakan sebagian orang.

Tidur cukup belum tentu berkualitas. Berdasarkan Great British Bedtime Report, sebanyak 30 persen orang ‘miskin’ kualitas tidur. Tidur minim kualitas ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain stres, rasa khawatir, gangguan partner, suara berisik, atau kasur yang tak nyaman.

Dilansir dari The Independent, Jessica Sepel, ahli gizi sekaligus penulis kesehatan memberikan lima langkah praktis jelang tidur. Lima langkah berikut dapat dicoba demi tidur yang berkualitas.

Sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja. Namun sebagian orang merasa tidak memiliki cukup waktu sehingga ada sisa pekerjaan yang diselesaikan di rumah.

“Membawa stres pekerjaan dengan anda saat malam hanya meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin, yang mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan,” kata Jessica.

Pekerjaan mau tak mau menyita seluruh perhatian dan sulit ketika diminta tidak memikirkannya bahkan saat sudah malam. Ia menyarankan untuk memberikan batasan misalnya tidak mengecek email setelah pukul 21:00.

Asupan makanan sehat

Pilihan makanan pun mempengaruhi seluruh aktivitas termasuk tidur. Nutrisi seimbang sebelum tidur diperlukan agar tubuh lebih rileks, bukan lebih bersemangat.

Jessica merekomendasikan menu makan malam yang mengandung protein, lemak sehat, dan serat. Riset-riset yang sudah ada menemukan bahwa konsumsi karbohidrat sebelum tidur dapat mendorong rasa kantuk.

“Dan saat makan malam, ingatlah untuk makan dengan perlahan dan dinikmati,”imbuhnya.

Jelang tidur, sebaiknya jauhkan diri dari gadget. Emisi sinar biru dari ponsel, tablet dan komputer menghambat tubuh untuk tidur. Oleh karena itu Jessica membiasakan diri untuk tidak lagi menyentuh ponselnya mulai pukul 20:00.

Mulai perubahan tidak harus drastis. Di tahap awal bisa mencoba setengah jam atau satu jam sebelum tidur dengan tidak menyentuh perangkat pintar untuk bisa merasakan manfaatnya.

Buat tubuh rileks

Langkah berikutnya ialah persiapkan tubuh sebelum tidur. Buat tubuh serileks mungkin dengan beragam aktivitas misalnya, mandi air hangat, menyalakan lilin aroma terapi, minum teh herbal atau membaca.

“Saya suka mandi dengan beberapa tetes minyak esensial dan garam mandi. Ini membantu tubuh untuk beristirahat dan mengurangi tekanan, memberi sinyal ke tubuh untuk tidur,” ujar Jessica.

“Apapun pilihannya, ingat untuk sepenuhnya fokus dan anda tahu anda layak untuk itu.”

Jessica menyarankan untuk mengadopsi posisi yoga yakni viparita karani. Posisinya sederhana, cukup baringkan tubuh dengan kaki bersandar pada tembok. Tahan selama 10 menit sebelum tidur.

“Ini membuat sistem saraf parasimpatik beristirahat. Saat tubuh menjadi lebih rileks, akan sangat mudah untuk memperoleh tidur yang nyenyak,” jelasnya. (on)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top