KAB BANDUNG

Ratusan PNS Ikuti Peringatan Lahirnya Pancasila

Soreang ( BR).- Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Akan memperingati dengan membaca dan menghafalnya saja tidak cukup untuk memaknai nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si, M.Si saat bertugas sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapang Upakarti Soreang, Jumat (1/6).

“Jika Pancasila hanya dijadikan soal untuk dijawab dan dihafal, itu tidak akan meresap dan menjadi fondasi bangsa yang kuat, tetap harus ada implementasi dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Gun Gun.

Wabup berpendapat, saat ini banyak warga negara yang kehilangan arah dalam memaknai filosofi yang terkandung dalam Pancasila. “Tidak dapat dipungkiri, filosofi Pancasila tidak mudah diamalkan. Akan tetapi Pemkab Bandung berupaya menerapkannya dalam Visi Pembangunan. Yakni memantapkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri, dan berdaya saing, melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan sinergi pembangunan perdesaan, berlandaskan religius, kultural dan berwawasan lingkungan,” urai Wabup.

Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si, M.Si

Wabup juga bersyukur, Visi pembangunan Kabupaten Bandung secara garis besar bisa teraktualisasikan. “Hal ini terlihat dari IPM (Indeks Pembangunan Manusia) tahun 2017 mencapai 71,28 poin, yaitu kontribusi dari indeks pendidikan 63,94 poin, indeks kesehatan 81,74 poin dan indeks pengeluaran 69,29 poin. Sedangkan IPM tahun 2017 ini meningkat 0,59 poin dari IPM tahun 2016 sebesar 70,69 poin,” terangnya.

Gun Gun juga bersyukur dengan sejumlah penghargaan yang didapatkan Pemkab Bandung. “Di bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat ini, Alhamdulillah Kabupaten Bandung meraih dua penghargaan yakni, opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPKRI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia) dan Anugerah Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan tentang Perda (Peraturan daerah) Kawasan Tanpa Rokok (KTR),” imbuh Wabup.

Ia menambahkan, pencapaian tersebut adalah hasil keseriusan semua pihak. “Ini merupakan wujud komitmen, tekad, semangat, dan kerja sama serta kerja keras dari seluruh jajaran DPRD, OPD serta masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri dan berdaya saing,”ungkap Gun Gun.

Terkait insiden pengeroyokan yang dilakukan sekelompok pemuda tempo hari, dirinya menyayangkan. “Sungguh disayangkan ketika mendengar insiden yang meresahkan masyarakat oleh sekelompok anak muda, terlebih kejadiannya pada bulan penuh berkah ini. Jika generasi muda dapat memaknai Pancasila dalam kehidupannya, tentunya hal seperti itu tidak akan terjadi,” ujarnya. ( AWING)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top