BandungRaya

REHAT

Manfaat Kontak Fisik Secara Langsung Pada Bayi Baru Lahir

BANDUNGRAYA.NET | Selama berada dalam rahim, bayi selalu berkontakan langsung dengan ibu yang membuat hubungan batin dan insting antara ibu dan anak semakin kuat. Hal ini akan terus terbawa hingga mereka lahir. Anda disarankan untuk melakukan kontak fisik secara langsung setidaknya 1 – 2 jam setelah kelahiran bayi.

Anda hanya perlu bertelanjang dada dan membiarkan anak berbaring di atas tubuh. Selanjutnya, segera lakukan inisiasi dini dan mengajarkan bayi meminum ASI secara langsung sembari mencari puting sendiri. Kegiatan tersebut sangat penting Anda lakukan untuk mendapatkan beragam manfaat seperti berikut yang dilansir glitzmedia.co.

PENINGKATAN FUNGSI JANTUNG DAN PARU-PARU

Bayi yang mendapatkan sentuhan fisik secara langsung pada saat awal kehamilan, mereka lebih siap untuk mengambil napas pertamanya di dunia. Sentuhan fisik mampu membantu anak beradaptasi secara cepat. Adanya rasa tenang dan aman membuat bayi dapat mendengarkan irama jantung dari ibunya. Sehingga anak lebih mudah belajar bernapas mengikuti irama pernapasan Anda.

STABILISASI SUHU TUBUH

Pada saat udara dingin atau panas tubuh akan menyesuaikan suhu dengan sendirinya. Namun, ketika bayi mereka membutuhkan waktu adaptasi untuk memiliki penyesuaian diri tersebut. Pelukan dan sentuhan kontak fisik secara langsung mampu membantu bayi mendapatkan kehangatan tersebut.

PENGATURAN GULA DARAH

Selama berada di dalam rahim, bayi mendapatkan glukosa melalui plasenta. Namun, pada saat mereka lahir, maka tambahan glukosa sangat ditentukan oleh Anda. Bayi yang terlahir dari ibu penderita diabetes gestational memiliki risiko lebih besar menderita gula darah rendah atau hipoglikemia. Pada kondisi ini Anda disarankan untuk rutin memberikan ASI secara langsung untuk membantu anak terhindar dari hipoglikemia.

MEMBANTU MEREDAKAN SAKIT

Selama kontraksi menjelang persalinan, rasa sakit membuat Anda menyerah dan memilih alternatif persalinan cesar demi keselamatan ibu dan anak. Namun, kondisi tersebut akan kembali membaik ketika suara tangisan anak terdengar. Sentuhan fisik secara langsung antara ibu dan anak mampu membantu menurunkan rasa sakit serta pendarahan pasca melahirkan.

MENINGKATKAN KOMUNIKASI IBU DAN ANAK

Kontak fisik antara ibu dan anak mampu membantu menjalankan komunikasi secara batin. Jika membiasakan diri untuk melakukan sentuhan fisik, maka secara spontan Anda akan mengetahui bagaimana gejala anak pada saat mereka lapar, mengantuk atau tidak enak badan. Hal ini juga mampu mempererat hubungan batin serta kenyamanan pada anak. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top