JAWA BARAT

Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Minta Perhatian Dinas Terkait

Kab Ciamis (BR).- Padepokan Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Cabang Ciamis,  sekertariat di Kampung Cigarunggang, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Berdiri awal September 2017.

Sesepuh Padepokan Asep Supriatna mengatakan kepada bandungraya.net, kepengurusan padepokan, Iskandar sebagai guru dan 4 orang pelatih.

“Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka adalah sebuah Organisasi Seni Beladiri (Pencak Silat) yang lahir di daerah sunda, tepatnya di Kampung Gegerpasang,Desa Sukarasa, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Gadjah Putih memiliki sebuah moto yang berbunyi :“Elmu Luhung Teu Adigung, Sakti Diri Teu Kumaki, Yakin Usik Kersaning Illahi “yang berarti : “Ilmu Tinggi Tidak Angkuh, Sakti Diri tidak Takabur, Yakin Prilaku perkenan Illahi,” tegas Asep

“Dengan moto tersebut dapat dijelaskan jika memiliki ilmu baik secara fisik maupun batin yang mumpuni kita tidak boleh angkuh, begitupun jika telah merasa diri kita sakti jangan pernah takabur, dan yakinkanlah bahwa setiap perilaku atau perbuatan kita harus diridhoi Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara Iskandar sebagai guru di Padepokan menambahkan, Perguruan Pencak Silat Gadjah Putih Mega Pusaka,mempunyai jurus ajaran secara fisik sebanyak 24 Jurus.

“Jurus- Jurus tersebut mempunyai arti masing masing sasaran untuk memperoleh adeg-adeg tenaga fisik guna membina kekuatan jasmani dan langkah merupakan pasangan dari jurus silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka mengatur dan memecahkan musik disamping keindahan, juga merupakan perlambang akidah, mengatur langkah kehidupan dan perbuatan, pribadi, organisasi, terpelihara,” papar Iskandar.

Sesepuh Padepokan menambahkan, dirinya berharap Perguruan Gajah Putih cabang Ciamis menjadi sebuah perguruan yang besar, banyak memberi manfaat bagi nusa dan bangsa, dan masuk di kalangan anak sekolah sekolah dari mulai tingkat SD, SMP ,SLTA dan masyarakat pada umumnya, serta menjadi sebuah perhatian dan di perhatikan Dinas terkait yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. | BR-05

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI

To Top