BandungRaya

REHAT

Lebih Mahal Mana, Pernikahan Adat atau Nasional?

BANDUNGRAYA.NET | Menikah bukan hanya menyatukan pria dan wanita saja, tapi kedua keluarga besar. Ini menjadi pembahasan, ketika ada pasangan yang akan menikah dengan dua budaya berbeda. Kedua keluarga besar akan berunding, dengan cara apa perayaan pernikahan akan digelar.

Apakah perayaan dengan adat atau secara nasional. Nah, masing-masing perayaan pernikahan pasti ada plus minusnya. Salah satunya tentu yang berkaitan dengan dana pernikahan.

Denny Iskandar, dari vendor pernikahan Des Iskandar, kali ini menjelaskan soal pernikahan adat. “Pernikahan adat dananya lebih besar 20-30 persen dibandingkan pernikahan secara nasional atau internasional,” jelas Denny, saat ditemui usai konferensi pers Jakarta Wedding Festival 2018, Jumat (13/07)

Mengapa pernikahan adat lebih mahal? Alasannya karena persiapan yang dilakukan memakan waktu lebih lama. Bisa sampai dua bulan untuk mempersiapkan detail acara pernikahan untuk kedua mempelai dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Pernikahan cara nasional lebih murah dibanding cara adat./copyright Pexels.com/Min An
Selain itu, pernikahan adat cenderung menggunakan barang-barang asli. Misalnya songket yang handmade atau suntiang. “Bahkan kalau pakai bunga pun, kami menggunakan bunga fresh atau asli,” jelas Denny.

Soal hasil, jangan ditanya lagi. Kalau kamu menggunakan vendor pernikahan adat yang tepat hasilnya pasti bakal memuaskan. Jadi kalau kamu ingin menggelar pernikahan adat, dari total keseluruhan dana yang disiapkan, jangan lupa ditambahkan lagi biaya sebesar 20-30 persen ya!

Untuk diketahui, vendor Des Iskandar bakal menjadi koordinator pagelaran kebaya kolaborasi desainer kenamaan Tanah Air Vera Anggraini dengan Jakarta Wedding Festival (JWF). Pada 15 Juli 2018 pagelaran akan menghadirkan 40 busana pengantin adat khas daerah-daerah di Indonesia.

“Kami juga akan bekerjasama dengan ibu-ibu adat yaitu sanggar adat terbaik dari seluruh Indonesia,” tutup Danny.

Jadi, kini kamu bisa memperkirakan ya ladies, untuk memilih melangsungkan pernikahan dengan cara adat atau secara nasional saja. Pastikan untuk selalu menyesuaikan budget ya. | BR-03

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top