Site icon BandungRaya

Kantor SAR Bandung Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan di Gunung dan Hutan

WhatsApp Image 2021 03 10 at 14.58.15

Bandungraya.net – Sumedang | Sebanyak 49 peserta yang berasal dari TNI/Polri, instansi serta potensi SAR berbasis masyarakat mengikuti pembukaan pelatihan potensi SAR Teknik Pertolongan di Gunung Hutan (Jungle Rescue).

Pelatihan dimulai dari 10-15 Maret 2021 mendatang dan dilaksanakan di Kantor SAR Bandung untuk materi teori kelas dan praktik lapangan di Gunung Kareumbi, Kabupaten Sumedang.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR Jawa Barat khususnya Teknik Pertolongan Jungle Rescue untuk mendukung pelayanan operasi SAR.

“Diharapkan peserta serius mengikuti pelatihan agar dapat menghasilkan insan SAR yang lebih berkualitas untuk mengoptimalkan dan membantu pelayanan SAR di wilayah kerja Kantor SAR Bandung khususnya kejadian di Gunung Hutan yang cukup tinggi di wilayah Jawa Barat,” ujar Deden dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/3/2021).

Sebelumnya pada Februari lalu Kantor SAR Bandung telah melaksanakan pelatihan teknik Pertolongan di Permukaan Air (water rescue) dengan 50 peserta dari Kodam III Siliwangi.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor SAR Bandung.

Erwan berharap dengan kegiatan ini dapat menghasilkan output kompetensi yang nyata, meningkatkan semangat kemanusiaan untuk melaksanakan pelayanan SAR yang optimal.

“Para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius, mengikuti arahan mentor dan instruktur, mengutamakan keselamatan, menghindari over confidence dan keragu-raguan,” imbau Erwan. (Red)

Exit mobile version