Site icon BandungRaya

Hasil Rapat Pleno, KPU Serahkan BA dan SK Calon Terpilih ke DPRD Kab. Bandung

WhatsApp Image 2021 03 20 at 18.53.03

Bandungraya.net-Soreang | Paska Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) (18/03/2021), akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai Bupati-Wakil Bupati Bandung terpilih periode 2021-2026 pada rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, di Ballroom Hotel Sutanraja, Soreang, Sabtu (20/3/2021).

Agus Baroya Ketua KPU, mengatakan setelah rapat pleno terbuka tersebut, KPU berencana menyerahkan berita acara (BA) dan surat keputusan (SK) calon terpilih kepada pimpinan DPRD Kab. Bandung untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita menyerahkan berita acara dan SK calon terpilih kepada pimpinan DPRD sebagai bahan untuk Bamus atau pengusulan pelantikan yang menjadi kewenangan Kemendagri,” kata Agus.

Menurut Agus, dengan menyerahkan berkas pelantikan ini, tugas KPU Kabupaten Bandung di Pilkada 2020 telah selesai.

“Dengan demikian secara formal, tugas dan tahapan KPU sudah selesai, nanti setelah penyampaian bahan pengusulan untuk pelantikan berupa BA dan SK dari KPU dari kepada DPRD Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Terkait waktu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih, Agus mengatakan itu bukan ranahnya karena itu diluar tahapan Pilkada jadi pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kemendagri.

“Untuk pelantikan karena memang domain dari Kemendagri diluar tahapan Pilkada, tapi diluar kewenangan dan memang kami belum tahu,” pungkasnya. (**)

Exit mobile version