Site icon BandungRaya

Dedi Taufik: Tangani Covid-19 dengan Pentahelix

WhatsApp Image 2021 04 20 at 16.43.42

Bandungraya.net-Soreang | Pencegahan, penanganan, penanggulangan dan pemulihan ekonomi dampak pandemi covid-19, tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Semua unsur masyarakat harus bersinergi dan bahu membahu melakukannya.

Untuk itu, ucap Penjabat (Pj.) Bupati Bandung Dedi Taufik, tema yang diambil pada Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-380 tahun 2021 diarahkan pada peningkatan sinergitas. Tema tersebut adalah ‘Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-380 tahun 2021 Kita Perkuat Sinergitas Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Guna Mewujudkan Stabilitas Ekonomi Nasional’.

“Kita ingin bersinergi, bahu membahu semua unsur masyarakat dengan pendekatan pentahelix. Sehingga diharapkan pencegahan dan penanggulangan covid-19 bisa diatasi dengan baik, dan ekonominya segera bangkit,” ucap Pj. Bupati di sela acara peringatan hari jadi yang dipusatkan di Gedung Mohamad Toha Soreang, Selasa (20/4/2021).

Selain protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi pergerakan, ia juga menyebutkan 3 T, yaitu testing, tracing dan treatment, yang harus terus dijaga dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Kabupaten Bandung kini berada di zona kuning atau risiko rendah covid-19, dan itu harus dipertahankan dengan menjaga prokes.

Dalam upaya penanganan covid, tutur Dedi Taufik, pemkab sudah melakukan vaksinasi. Saat ini dalam tahap pemberian vaksin terhadap lansia (lanjut usia). “Kita lagi kejar target, diharapkan sebelum lebaran sudah bisa terealisasikan vaksin 1 untuk lansia. Kita perlu sosialisasikan sama-sama, terutama untuk lansia. Agar diberikan edukasi, memberikan layanan penjemputan apabila mereka ada kendala transportasi, sehingga mereka berminat untuk diberi vaksin. Lansia ini sangat rentan terhadap keterpaparan penyakit, khususnya covid-19,” tutur Dedi.

Dari sisi pemulihan ekonomi, selain komoditi pertanian Kabupaten Bandung juga memiliki prospek yang bagus di sektor pariwisata. Terdiri dari 31 kecamatan, 270 desa dan 10 kelurahan, wilayah ini kaya akan nuansa alam.

Banyak potensi yang menurutnya sangat bisa dikembangkan untuk wisata, agar cepat membangkitkan perekonomian warga. Namun perlu diperhatikan, bahwa berkah sektor pariwisata harus bisa menetes sampai kalangan paling bawah. multiplier efeknya harus bisa dirasakan masyarakat sekitar.

“Kabupaten Bandung punya keunggulan di sektor wisata. Saya ditugaskan di sini sangat beririsan dengan tugas saya selaku Kadisparbud Jabar untuk membangkitkan gairah pariwisata. Targetnya kita harus mengedepankan kekuatan pariwisata, yaitu budaya,” tutur Dedi

Kabupaten Bandung sebagai ranking 5 destinasi wisata paling diminati, kata dia, banyak memiliki budaya lokal berupa etik dan etnik. Ia menjelaskan, etik berkaitan dengan edukasi, sedangkan etnik berkaitan pada nilai yang bisa dikembangkan.

“Kesenian dan kuliner itu juga termasuk budaya. Saat ini kita fokusnya adalah pasar lokal, karena wilayah Bandung selatan ini peringkat 5 paling diminati di Jabar. Ini peluang besar tentunya, tapi menjaga prokes tetap harus dinomorsatukan,” tutup Dedi Taufik.

Menyambut Hari Jadi ke 380 ini, Kabupaten Bandung telah meraih penghargaan. Di antaranya sebagai Kabupaten Terbaik II Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2021 dan Pemenang Terbaik Pertama Parade Video HPSN 2021 Tingkat Provinsi Jabar.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati juga menyerahkan beberapa penghargaan. Antara lain kepada Desa Ciburial Cimenyan sebagai Juara 1 Evaluasi Perkembangan Desa/Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bandung dan Posyandu Rumpun Bambu 08 Desa Rancamanyar Baleendah sebagai Juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bandung.

Kemudian kepada Desa Cimekar Cileunyi sebagai Juara 1 Juara Lomba 10 Program PKK dan 5 Jenis Lomba Lainnya Tingkat Kabupaten Bandung dan Desa Nagrak Pacet sebagai Juara 1 BBGRM Tingkat Kabupaten Bandung.

Selain itu, Pj. Bupati menyerahkan penghargaan terhadap beberapa tenaga kesehatan dalam penanganan covid-19. Kemudian secara simbolis, ia menyerahkan anggaran penanggulangan covid-19 dari dana desa kepada Desa Rahayu Margaasih.

Usai acara peringatan hari jadi, ia kemudian bergerak menuju Bale Sawala, untuk melantik Kepala Desa Terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey, Aep Surahman, dan Penjabat Kepala Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi, Dadang.(*)

Exit mobile version