Site icon BandungRaya

Hendak Diselundupkan, Benih Lobster Senilai Rp2 Miliar Berhasil Diamankan Polresta Bandung

Foto: Humas Polresta Bandung

Foto: Humas Polresta Bandung

Bandungraya.net – Cimahi | Jajaran Polresta Bandung berhasil mengamankan 46 ribu benih lobster atau benur yang diperkirakan bernilai Rp 2 miliar.

Wakapolresta Bandung, AKBP Dwi Indra Laksmana menjelaskan, 46 ribu benur tersebut dibawa oleh satu unit mobil di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kabupaten Bandung, Jumat (30/4/2021).

“Ini bermula saat personel Polsek Ciwidey yang sedang berpatroli mencurigai mobil yang melintas di kawasan Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, dini hari tadi,” kata Indra kepada wartawan di Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Kota Cimahi, Jumat (30/4/2021) sore, dikutip dari detik.com.

Foto: Humas Polresta Bandung

Indra menuturkan, sewaktu mobil itu diperiksa, personel Polsek Ciwidey menemukan sebanyak tujuh boks styrofoam berisi benur. Dari temuan tersebut, diamankan dua tersangka berinisial HR dan MAT. Keduanya diduga membawa benur tersebut dari Sukabumi.

Indra menambahkan, dari hasil pengembangan itu ada sebanyak 46.475 ekor benih lobster yang mayoritas jenis pasir. Dari total tersebut, terdapat 75 benur jenis mutiara yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Kedua tersangka disangkakan Pasal 92 Jo Pasal 26 Ayat 1 dan atau Pasal 88 Jo Pasal 16 ayat 1 UU RI No 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

“Ancaman hukuman paling lama 8 tahun penjara atau materi sebanyak Rp 1,5 miliar,” pungkas Indra. (Red)

Exit mobile version